Pelepasan Siswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) SMK TI Airlangga Tahun Ajaran 2024/2025

 


Praktik kerja lapangan merupakan suatu langkah nyata (substansial) untuk membuat sistem pendidikan dan pelatihan kejuruan lebih relevan dengan dunia kerja dalam rangka menghasilkan tamatan yang bermutu.

Begitupun yang baru saja dilakukan oleh SMK TI Airlangga Samarinda, telah melaksanakan pelepasan siswa PKL ke Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Dalam MoU tersebut tersebar ke beberapa industri dan diikuti sebanyak 94 siswa kelas XII. Pelaksanaan PKL ini akan dilaksanakan selama 6 bulan dimulai pada 15 Juli - 02 Desember 2024. 
Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kepala Sekolah, Pj. Praktik Kerja Lapangan, dan Guru Pembimbing PKL, serta seluruh siswa kelas XII.

Siswa yang akan mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL) secara resmi dilepas oleh Kepala SMK TI Airlangga bapak Muhammad Yani, S.Kom., M.T.I. dalam pesannya itu beliau menyampaikan agar seluruh siswa dapat melaksanakan PKL dengan baik, disiplin, dan sama-sama menjaga nama baik pribadi dan sekolah, sehingga pihak Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang menjadi tempat PKL dapat terbantu dengan kehadirannya yang nantinya akan berdampak pada penerimaan siswa PKL di tahun berikutnya. 

Adapun penuturan dari Pj. Praktik Kerja Lapangan ibu Fara Meydina Younseand, S.Kom. menyampaikan dengan diadakannya kegiatan PKL ini juga sebagai kegiatan aktualisasi diri terhadap apa yang sudah dipelajari di sekolah. Kegiatan PKL ini juga menjadi kesempatan siswa dalam membangun relasi, melatih mental, dan unjuk kompetensi. 

Dan selanjutnya kegiatan pelepasan PKL secara simbolis dilaksanakan dengan penyerahan kepada Guru Pembimbing untuk selanjutnya siswa PKL dapat selalu dimonitoring keadaannya. 




advertise